Yang membuat Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City Marathon jadi bucket-list marathon. 

World Marathon Majors (WMM) adalah kompetisi lomba lari ala kejuaraan  untuk para pelari maraton. WMM terdiri dari enam city marathon dan beberapa kejuaraan dunia. Dari maraton yang bernaung di bawah WMM, yang populer adalah enam city marathon di Tokyo, Boston, London, Berlin, Chicago, dan New York City. Keenamnya terbuka untuk pelari elit dan pelari hobi. Duel para pelari elit kerap menjadi tontonan yang menarik. 

Untuk pelari hobi itu sendiri, enam WMM tersebut telah menjadi semacam bucket-list, tidak saja di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Minat yang tinggi dan keterbatasan slot membuat slot lomba harus diundi, dengan pendaftaran yang telah dibuka setahun sebelumnya. Khusus untuk Boston Marathon, calon peserta bahkan harus lolos kualifikasi waktu tertentu. Semua kondisi tersebut tidak menyurutkan niat, malah membuat pelari semakin ingin mengikutinya. Yuk kenal WMM lebih jauh. 

Tokyo Marathon
Tokyo Marathon adalah maraton pertama dalam satu seri WMM. Diadakan sejak 2007 dan setiap bulan Februari, maraton ini adalah satu-satunya WMM di Asia dan populer di kalangan orang Indonesia. Kemeriahan lomba sungguh terasa saat hari-H karena masyarakat seluruh kota tumpah ruah ke jalan untuk menyemangati pelari tidak saja dengan bersorak melainkan juga dengan menyediakan camilan. Sejak 2017, Tokyo Marathon memiliki rute baru yang fokus pada dua hal. Pertama, memberikan pemandangan kota Tokyo yang lebih memukau dimana pelari akan start dari Tokyo Metropolitan Government, melewati Imperial Palace, lalu finish di Stasiun Tokyo. Kedua, memberikan rute cepat dengan sekitar 13-14 kilometer dari total rute lebih mendatar, termasuk enam kilometer terakhir menjelang finish yang tidak lagi menanjak. 

Boston Marathon
Boston Marathon punya fakta-fakta unik dibandingkan WMM lainnya. Pertama, ini adalah WMM yang paling tua karena pertama diadakan tahun 1897. Kedua, menjadi satu-satunya WMM yang diadakan bukan pada hari Minggu, melainkan selalu pada Patriot’s Day, yaitu pada hari Senin ketiga bulan April. Ketiga, calon peserta harus memenuhi syarat kualifikasi waktu tertentu untuk bisa mengikutinya. Tidak heran bila Boston Marathon memiliki gengsi yang lebih tinggi. Batas tersebut ditinggikan untuk entry tahun 2018 dan membuat banyak pelari menjadi tidak lolos sehingga menimbulkan beragam reaksi. Tahun 2013, penyelenggaraannya sempat terganggu akibat ledakan bom. Peristiwa ini menyita perhatian dunia dan membuat keamanan penyelenggaraan maraton di berbagai dunia diperketat. 

London Marathon
Bernama resmi Virgin Money London Marathon, rute lomba lari ini melalui sejumlah landmark kota London seperti Tower Bridge, St Paul’s Cathedral, Houses of Parliament, dan finish dengan latar Istana Buckingham.  Sejak awal, lomba lari ini membukukan statusnya sebagai charitable race. Pada London Marathon 2017 yang diadakan hari Minggu, 23 April, kampanye amal resmi adalah kampanye kesehatan mental bertajuk Heads Together yang didukung oleh Pangeran William, Kate Middleton, dan Pangeran Harry. Dukungan ditunjukkan dengan ketiganya bersama-sama membuka start lomba dan berpartisipasi memberikan air minum untuk pelari di water station. 

Berlin Marathon
Bernama lengkap BMW Berlin Marathon, lomba lari ini umumnya berlangsung setiap hari Minggu terakhir pada bulan September. Pada masa Jerman terbagi dua menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, Berlin Marathon dilakukan di Jerman Barat dan rutenya melewati banyak tanjakan jalan autobahn. Setelah reunifikasi Jerman, rutenya mengalami perubahan dan kini Berlin Marathon dikenal dengan rute yang flat and fast. Karena itulah, banyak pelari hobi mengincar berlomba di sini agar bisa mendapatkan personal best. Rekor dunia maraton putra pun diukir di sini dengan waktu 2:02:57 oleh Dennis Kimetto. Reunifikasi Jerman juga membawa dampak bagi Berlin Marathon; lokasi finish-nya kini di Gerbang Brandenburg yang merupakan gerbang simbol pemersatu Jerman. 

Chicago Marathon
Chicago Marathon yang diadakan pada tahun ini, tepatnya 8 Oktober 2017, menandai peringatannya yang ke-40. Selain menjadi  bagian WMM, Chicago Marathon juga merupakan lomba lari terbesar keempat di seluruh dunia berdasarkan jumlah penamat. Meski demikian, peserta Chicago Marathon dibatasi sebanyak 45.000 orang dan hanya pelari yang mampu finish di bawah 6,5 jam yang diterima untuk berpartisipasi. Pelari yang ingin berpartisipasi bisa mendaftar baik melalui jalur kualifikasi waktu atau melalui jalur undian. Namun, pengecualian diberikan kepada pelari elit dan perwakilan lembaga amal. 

New York Marathon
TCS New York City Marathon menjadi perhelatan maraton terakhir yang menutup satu seri WMM; tahun ini diadakan pada 5 November. Diselenggarakan oleh New York Road Runners, organisasi lari non-profit, NYC Marathon telah ada sejak 1970. Namun pada 2012, penyelenggaraannya dibatalkan akibat badai dahsyat Sandy yang melumpuhkan kota New York. Rute NYC Marathon melewati lima boroughs (semacam divisi administratif) yaitu Manhattan, Brooklyn, Queens, The Bronx, dan Staten Island, dengan finish di Central Park. Tahun 2017 menandai tahun pertama (dari kontrak 10 tahun) dimana New Balance menjadi rekan utama (principal partner), penyedia pakaian (apparel), dan outfitter. Ini artinya, hanya New Balance yang berhak menyandang logo TCS New York City Marathon pada merchandise-nya, meski umumnya sport brand lainnya juga mengeluarkan merchandise bertema NYC Marathon.