Under pronation, neutral, atau over pronation. Yang mana tipe pronasimu?

Under pronation (supination), neutral, dan over pronation adalah jenis-jenis pronasi pada kaki. Pronasi adalah cara telapak kaki bergulir ke depan (berotasi) ketika kaki mendarat di permukaan saat berlari. Pronasi termasuk bagian dari gerakan alami tubuh manusia. Meski demikian, adanya perbedaan bentuk kaki mempengaruhi cara kaki berpronasi.

Bicara tentang bentuk (telapak) kaki, berarti bicara tentang arkus atau sudut kelengkungan kaki. Ada tiga tipe bentuk kaki/ kelengkungan kaki yaitu normal arch, low arch, dan high arch. Perbedaan ini membuat juga ada tiga tipe pronasi yaitu under pronation, neutral, dan over pronation (supination).

Under pronation (Supination)

Bagaimana kaki membuat kontak dengan permukaan
Bagian luar tumit menyentuh permukaan dengan sudut kemiringan yang tinggi dan dengan sedikit atau tanpa pronasi. Hal ini menyebabkan perpindahan benturan yang cukup besar melalui kaki bawah.
Fase menolak
Tekanannya berada pada jari-jari kaki selain ibu jari pada bagian luar telapak kaki.
Tipe kaki
High arch.

Neutral

Bagaimana kaki membuat kontak dengan permukaan
Telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan (berpronasi) untuk meredam benturan dan mendukung berat badan.
Fase menolak
Ada distribusi yang merata dari bagian depan telapak kaki.
Tipe kaki
Normal arch.

Over pronation

Bagaimana kaki membuat kontak dengan permukaan
Telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan (berpronasi) secara berlebihan dan menyebabkan perpindahan berat badan ke bagian pinggir dalam alih-alih ke bagian depan telapak kaki.
Fase menolak
Yang paling banyak bekerja adalah ibu jari kaki dan jari telunjuk kaki.
Tipe kaki
Low arch

Pronasi memiliki peran penting karena pronasi membantu kaki menyerap dampak benturan dan membantu mulai dari proses tolakan hingga telapak kaki bergerak maju. Memahami tipe pronasi dapat membantu kita menemukan sepatu lari yang sesuai (misalnya, pelari berpronasi netral dan over pronation dapat memilih sepatu ASICS Gel-DS Trainer 23). 

Sumber: Website ASICS