Jangan jadikan perjalanan bisnis alasan latihanmu terganggu. Ikuti trik-trik ini. 

Sesibuk apapun kita, biasanya kita selalu berhasil menyediakan waktu untuk berolahraga. Tapi begitu tiba waktunya untuk melakukan perjalanan bisnis, mendadak semua jadi buyar. Meski demikian, sebenarnya kita masih bisa, kok, mencuri waktu di sela-sela konferensi, rapat, atau apapun pekerjaan yang harus dilakukan saat perjalanan bisnis. Gunakan trik-trik berikut, seperti disadur dari blog Brooks. 

1/ Kemas peralatan olahraga yang mudah dibawa
Ini bisa sesederhana sepatu lari, hingga resistance bands, matras yoga, tali skipping, baju renang, hingga AB roller. Hindari membawa terlalu banyak, ketimbang hanya memenuhi isi koper dan malah tidak terpakai. Bawa saja peralatan yang paling sering digunakan dan yang bisa digunakan di kamar hotel, kecuali untuk sepatu lari. 

2/ Manfaatkan fasilitas hotel
Kebanyakan hotel memiliki gym. Fasilitasnya bisa beragam, namun secara umum gym hotel pasti memiliki treadmill. Tinggal berganti dengan baju olahraga, kenakan sepatu lari, and hop to treadmill. Lebih bagus bila bisa menyempatkan berlari di sekitar hotel atau tempat menginap. Ada juga hotel yang memiliki kolam renang. Namun karena biasanya ukurannya relatif kecil, pastikan kamu berenang dengan repetisi yang lebih banyak dari biasanya agar manfaat olahraga tetap tercapai. 

3/ Gunakan pengukur langkah
Padatnya pekerjaan saat perjalanan bisnis bisa jadi menyisakan sedikit atau bahkan tidak ada waktu untuk berolahraga. Kalau sudah begitu, upaya sekecil apapun –seperti jalan kaki– menjadi berarti. Gunakan pengukur langkah –bisa berupa aplikasi yang bisa diunduh atau menggunakan bawaan ponsel pintar– dan berjalan kakilah sesering mungkin. Misalnya, lakukan walking meeting ketimbang sambil duduk di ruang rapat atau jalan kaki ke toko kopi daripada menyuruh orang lain. 

4/ Selalu gunakan tangga
Mirip dengan pengukur langkah, menetapkan target kecil seperti “selalu gunakan tangga” bisa berpengaruh banyak bila kamu tidak sempat berolahraga di gym hotel. Kalau takut terlihat berkeringat saat memulai rapat, gunakan tangga untuk turun saat meninggalkan ruang rapat. Menaiki tangga melatih otot paha depan, sedangkan menuruni tangga melatih otot paha belakang.   

5/ Berlatih di kamar hotel
Pilihan lain adalah melakukan latihan kekuatan di kamar hotel. Coba latihan simpel seperti ini:
10 pushups
15 sit-ups
20 squats
15 lunges (untuk setiap sisi)
10 triceps dip
Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.